Kamis, 03 Januari 2013

pasar persaingan sempurna dan pasar monopoli

PASAR PERSAINGAN SEMPURNA DAN PASAR MONOPOLI
created by : wendra afriana - dosen ekonomi - universitas gunadarma

Jenis Pasar :
1.      Pasar persaingan sempurna
2.      Pasar monopoli
3.      Pasar oligopoli
4.      Pasar monopolistik
Struktur pasar adalah dengan melihat pasar yang berdasarkan pada:
1.    Ciri-ciri barang yang dihasilkan
2.    Banyak tidaknya perusahaan
3.    Mudah tidaknya perusahaan baru menjalankan kegiatan produksi
4.    Besarnya kekuasaan suatu perusahaan di dalam pasar
Pasar Persaingan Sempurna adalah suatu pasar yang mana terdapat banyak pembeli dan penjual yang memperdagangkan produk identik, sehingga masing-masing mereka akan menjadi penerima harga.
Karakteristik  pasar persaingan sempurna :
1.    Terdapat banyak penjual & pembeli di pasar.
2.    Barang yang ditawarkan penjual umumnya sama.
3.    Perusahaan mudah untuk keluar dan masuk pasar.

Berdasarkan karakteristik, Pasar Persaingan Sempurna mempunyai hasil :
a.    Setiap tindakan pembeli & penjual tidak memiliki dampak terhadap harga pasar.
b.    Masing-masing pembeli & penjual harus menerima harga apa adanya.
Dalam pasar persaingan sempurna, pendapatan rata-rata  (AR) sama dengan harga suatu barang (P)







Kekuatan pasar persaingan sempurna :
l  Merupakan bentuk pasar yang ideal
l  Perusahaan berproduksi pada skala yang efisien dengan harga produk paling murah
l  Output maksimum
l  Memberikan kemakmuran yang maksimal karena:
1.    Harga jual yang termurah
2.    Jumlah output paling banyak sehingga ratio output per penduduk maksimal
3.    Masyarakat merasa nyaman dan tidak takut ditipu karena informasi sempurna.
Kelemahan pasar persaingan sempurna :
l  Kelemahan dalam hal asumsi
        Asumsi yang dipakai dalam pasar persaingan sempurna mustahil terwujud.
l  Kelemahan dalam pengembangan teknologi
Dalam jangka panjang perusahaan dapat laba normal sehingga apakah mungkin perusahaan dapat melakukan kegiatan riset.
l  Konflik efisiensi-keadilan


 Maksimalisasi LABA PERUSAHAAN   :
Tujuan utama perusahaan kompetitif adalah maximize profit.
Artinya perusahaan akan menghasilkan kuantitas yang memaksimalkan perbedaan antara pendapatan total dan biaya total.
Maksimalisasi Laba terjadi pada saat kuantitas di mana pendapatan marjinal sama dengan biaya marjinal.
ARTINYA : Apabila MR > MC maka  menaikkan Q
    Apabila MR < MC maka  menurunkan Q
    Apabila MR = MC maka Laba adalah maksimal.








Pasar monopoli adalah kondisi pasar dimana hanya ada satu pelaku bisnis atau perusahaan yang menjual produk atau komoditas tertentu dan ada hambatan bagi bagi perusahaan atau pelaku bisnis untuk masuk ke dalam bisnis tersebut.
Ciri-ciri pasar persaingan sempurna :
1.Jumlah perusahaan dalam pasar sangat banyak
2.Produk/barang bersifat homogen/mirip
3.Kedudukan satu perusahaan dalam pasar sangat kecil sehingga tidak mampu mempengaruhi pasar (hanya sebagai Price Taker)
4. Produsen dan konsumen memiliki pengetahuan/informasi sempurna
5.Setiap perusahaan bebas keluar
    masuk pasar/industri.


Penyebab terjadinya pasar monopoli :
1.    Adanya penguasaan suatu sumber daya inti
2.    Adanya penguasaan teknik produksi tertentu
3.    Adanya penguasaan hak patent untuk produk tertentu (merupakan unsur yuridis)
4.    Pemberian Pemerintah
5.    Biaya produksi lebih efisien dibanding
6.    produsen yang lainnya (monopoli alamiah)

v Perusahaan Monopoli akan berproduksi pada tingkat output, MC = MR (Keseimbanga Perusahaan Monopoli)

v Penentuan harga perusahaan monopoli :
1.    Harga (P) > biaya rata-rata (AC), perusahaan monopoli akan memperoleh keuntungan (Laba) maksimum.
2.    Harga (P) = biaya rata-rata (AC), perusahaan monopoli akan memperoleh keuntungan (laba) normal (normal profit).
3.    Harga (P) < daripada biaya rata-rata (AC), perusahaan monopoli akan memperoleh kerugian minimum.
kurva permintaan monopoli :







Kurva penerimaan pasar monopoli :         

Perbandingan pasar persaingan sempurna dan pasar monopoli :

Perbedaan pasar monopoli dan pasar persaingan sempurna :
1.      Harga barang di pasar monopoli umumnya lebih tinggi.
2.      Jumlah output pasar monopoli lebih sedikit.
3.      Efisiensi penggunaan input di pasar monopoli lebih rendah.
4.      Kekuatan penentuan harga (price taker) di pasar monopoli.
Jenis Monopoli yang tidak dilarang :
1.        Monopoli by Law
Monopoli oleh negara untuk cabang-cabang produksi penting bagi negara dan menguasai hajat hidup orang banyak.
2.        Monopoli by Nature
Monopoli yang lahir dan tumbuh secara alamiah karena didukung iklim dan lingkungan tertentu.
3.        Monopoli by Lisence
Izin penggunaan hak atas kekayaan intelektual.




2 komentar:

nizart mengatakan...

bisa jelaskan gak bro,apa esensi dari monopoli n p sempurna,jika dari profitnya?

Unknown mengatakan...

terimakasih, blog nya sangat membantu

Posting Komentar